Apa itu Penasihat Keuangan? Penjelasan & Cara Kerja

Seringkali tugas sehari-hari menyita begitu banyak fokus kita sehingga kita mungkin tidak menghabiskan cukup waktu untuk memikirkan gambaran besarnya. Seperti, apakah Anda akan memiliki cukup uang untuk pensiun dengan baik—atau, bahkan lebih baik—pensiun dini? Apakah Anda akan menjalani tahun-tahun emas Anda di kota resor pantai atau memilih untuk tinggal di dekat pegunungan? Atau, jika Anda memiliki aspirasi kewirausahaan, haruskah Anda membuka kilang anggur atau startup teknologi kecil yang Anda harap akan sukses besar? Itu semua adalah pertanyaan seukuran yang membutuhkan jawaban komprehensif.

Tidak pernah terlalu dini, atau terlambat, untuk mulai merencanakan masa depan Anda. Merencanakan pensiun secara aktif adalah salah satu keputusan paling cerdas yang dapat Anda buat dalam hal memenuhi tujuan keuangan Anda. Anda tidak akan menunda mencari perawatan medis untuk masalah kesehatan, jadi mengapa Anda menunda memikirkan kesehatan finansial masa depan Anda?

Perencanaan keuangan bisa sangat banyak dan ada banyak pilihan untuk dipertimbangkan jika Anda mencari beberapa panduan saat membuat rencana untuk pensiun. Salah satu pilihannya adalah berinvestasi dengan penasihat kekayaan (atau manajer), yang dapat membantu mengasah strategi keuangan Anda.

Wealth Manager vs Penasihat Keuangan

Manajer kekayaan, penasihat keuangan, investment advisor, perencana keuangan—ada begitu banyak pilihan, syarat, dan jabatan. Saat Anda mencari nasihat keuangan, menavigasi lanskap profesional bisa tampak membingungkan.

Sertifikasi dan lisensi adalah salah satu alasan mengapa ada begitu banyak istilah dan gelar yang digunakan untuk menggambarkan orang yang memberikan saran terkait keuangan pribadi. Jadi, ada baiknya melakukan sedikit riset untuk menentukan siapa yang paling cocok untuk Anda.

Apa yang Dilakukan Penasihat Keuangan?

Penasihat keuangan adalah istilah yang paling luas. Ungkapan tersebut dapat menggambarkan siapa saja yang memberi saran kepada Anda tentang rencana keuangan, investasi, atau implikasi strategi pajak. Namun berhati-hatilah: beberapa penasihat keuangan diberi insentif untuk menyarankan investasi tertentu untuk tujuan komisi. Jadi, langkah pertama Anda adalah memahami jenis penasihat keuangan yang Anda cari.

Hingga 46% milenium tidak memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang dilakukan penasihat keuangan. Namun di bawah payung besar penasihat keuangan itu, dua jenis yang paling umum adalah perencana keuangan dan penasihat investasi.

Perencana Keuangan

Pikirkan perencana keuangan sebagai “perencana gaya hidup.” Mereka paling cocok untuk membantu Anda mengatur anggaran, merencanakan waktu pajak, menabung untuk pensiun, atau merencanakan pendidikan perguruan tinggi anak Anda. Mereka harus telah menyelesaikan persyaratan profesional untuk penunjukan praktisi CERTIFIED FINANCIAL PLANNER™ mereka.

Beberapa, biasanya di perusahaan besar, mendapatkan penghasilan dengan menjual produk kepada Anda: asuransi, saham, reksa dana, dan sejenisnya. Perencana keuangan hanya-biaya tidak menjual produk; mereka dibayar untuk nasihat mereka—per jam atau dengan tarif tertentu. Perencana berbasis biaya dapat mengenakan biaya tetapi juga dapat memperoleh komisi dari produk tertentu, seperti reksa dana.

Penasihat Investasi

Penasihat investasi juga mencakup berbagai profesional keuangan. Mungkin perbedaan terbesar antara penasihat keuangan dan penasihat investasi adalah bahwa Penasihat Investasi Terdaftar memiliki tanggung jawab fidusia untuk mengutamakan kepentingan kliennya. Dan seperti namanya, mereka harus mendaftar ke SEC, dan tunduk pada berbagai peraturan pengawasan dan pencatatan, di antara kewajiban lainnya.

Anda bahkan dapat mencari orang satu per satu, sehingga Anda dapat meninjau kredensial mereka . Bahkan, beberapa perencana keuangan juga merupakan Penasihat Investasi Terdaftar.

Jika Anda tidak yakin dengan niat penasihat Anda, selalu yang terbaik adalah bertanya tentang prioritas mereka sebelum Anda mulai bekerja dengan mereka. Dengan broker, misalnya, Anda ingin tahu apakah dia memiliki tanggung jawab fidusia kepada Anda atau apakah dia menjual saham trending terbaru untuk komisi.

Apa yang Dilakukan Wealth Manager?

Wealth Management adalah bagian dari nasihat keuangan. Seorang manajer kekayaan datang dengan peringatan bahwa mereka fokus pada pengelolaan aset berpenghasilan tinggi. Anggap mereka sebagai quarterback dengan tim profesional di belakang mereka yang dapat memberikan layanan dan produk. Mereka biasanya memiliki gambaran besar tentang semua aset Anda, dari dana pensiun Anda, hingga investasi real estat Anda.

Anggap mereka sebagai konsultan yang tujuan utamanya adalah memberikan solusi khusus untuk Anda. Mereka mungkin menempatkan aset Anda di pasar untuk meningkatkan pendapatan dan memindahkannya saat berisiko. Setelah parameter ditetapkan, dan manajer kekayaan memahami kebutuhan pribadi Anda, Anda dapat memfokuskan energi Anda pada aspek lain dalam hidup Anda. Jika menurut Anda manajemen kekayaan hanya untuk orang kaya, ada peluang untuk mendapatkan saran, layanan, dan solusi hebat dari penasihat kekayaan dengan biaya yang sangat wajar.

Peran manajer kekayaan umumnya jauh lebih komprehensif daripada hanya menawarkan nasihat investasi. Sementara penasihat investasi dan perencana keuangan fokus pada satu bagian dari situasi keuangan Anda, manajer kekayaan menggabungkan beberapa bidang bimbingan keuangan.

Mereka mampu memberikan nasihat keuangan yang membahas keseluruhan kehidupan keuangan seseorang; termasuk manajemen investasi, konsultasi akuntansi dan strategi pajak, perencanaan perumahan, perencanaan pensiun, dan banyak lagi. Mereka bekerja sama dengan Anda untuk membuat rencana untuk menumbuhkan dan mempertahankan kekayaan. Berikut adalah tiga area yang dapat membantu penasihat kekayaan Anda:

Manajemen Investasi dan Manajemen Risiko

Penasihat kekayaan akan bekerja dengan Anda untuk menilai toleransi Anda terhadap risiko dan kemudian memberikan strategi investasi untuk membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda. Misalnya, jika Anda mulai merencanakan pensiun di awal karir Anda, Anda mungkin lebih cenderung mengambil risiko daripada seseorang yang mungkin mendekati akhir karir mereka dan lebih dekat untuk pensiun.

Bagian dari rencana investasi apa pun juga mencakup pengelolaan risiko dari waktu ke waktu. Ini termasuk memiliki asuransi yang memadai untuk investasi keuangan Anda dan diversifikasi portofolio Anda untuk meminimalkan risiko.

Apakah Saya Membutuhkan Penasihat Manajemen Kekayaan?

Well Wealth management Singapore can help you navigate unforeseen hurdles and ease your investing worries. Plus, they can be a great asset when defining your financial goals. Jika Anda siap memprioritaskan investasi, dan menginginkan panduan, pertimbangkan untuk memilih The Heritage Partnership sebagai Financial Advisor Anda

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.